Social Icons

Pages


Jumat, 01 Juli 2011

Binatang Berusia 2000 Tahun Di Dasar Teluk Meksiko

www.AstroDigi.comIlmuwan menguak riwayat terumbu karang hitam misterius hidup di dasar perairan Teluk Meksiko. Temuan terbaru memastikan terumbu karang hitam telah tumbuh 2.000 tahun lalu.


www.AstroDigi.com
"Kenyataan bahwa binatang ini hidup selama ribuan tahun sungguh mengagumkan," ujar anggota tim peneliti Nancy Prouty dari Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Sebagian besar terumbu karang ini hidup setinggi beberapa meter. Terumbu karang hitam merupakan binatang yang tumbuh secara perlahan di kedalaman 300 meter dari permukaan laut. Untuk menyambung hidup, binatang ini menangkap dan memakan material organik yang tenggelam ke dasar laut. Karenanya ilmuwan menjadikan terumbuh karang hitam sebagai bukti keterkaitan kehidupan di dasar laut dengan permukaan.

www.AstroDigi.com

Terumbu karang hitam tumbuh menyerupai tumbuhan semak dengan menumbuhkan kerangka selama ratusan hingga ribuan tahun. Binatang ini tumbuh dua ribu kali lebih lambat dari kecepatan tumbuh kuku manusia.

www.AstroDigi.com

Jika dilihat irisan melintangnya, pertumbuhan terumbu karang hitam mirip dengan pertumbuhan lingakaran pohon. Menggunakan irisan melintang ini, ilmuwan berupaya menyingkap perubahan yang terjadi di lingkungan setiap dekade selama ribuan tahun. Lingkaran karang ini menjadi catatan sejarah konsentrasi karbon di permukaan air dan atmosfer.

www.AstroDigi.com

Ilmuwan USGS juga menggunakan lingkaran karang ini untuk mengukur perubahan asupan nutrisi dari permukaan air yang berhubungan dengan jumlah limpasan materi organik dari daratan.
(TEMPOInteraktif)

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Blogger Templates