Social Icons

Pages


Selasa, 29 Mei 2018

10 Makanan Terburuk di Konsumsi setelah melakukan Fitnes

Apa yang Anda makan setelah latihan fisik bisa jadi lebih penting ketimbang makanan yang Anda konsumsi dalam sehari.

Pasca fitnes, tubuh memerlukan banyak energi yang berasal dari makanan sehat. Ahli diet Dina Aronson, R.D.

mengatakan, makanan terbaik setelah olahraga harus mengandung air, karbohidrat kompleks, protein dan gula sehat.

Tapi masih banyak yang terjebak dan mengasup makanan yang justru paling buruk untuk dikonsumsi setelah beraktivitas berat.

1. Energy Bar Tinggi Gula
Energy bar merupakan snack penyedia tenaga yang praktis untuk dikonsumsi di manapun. Namun makanan ini tidak ideal dimakan setelah olahraga.

Dijelaskan pakar diet Julie Meyer seperti dikutip dari iVillage, "Saat di rumah, makan selai kacang yang kaya protein dengan roti gandum utuh, atau yoghurt rendah lemak dan buah.

Protein dan karbohidrat dibutuhkan tubuh untuk memberi energi pada otot dan menjaga gula darah tetap stabil.

Jika tetap ingin makan energy bar, pilih yang sedikit kandungan gulanya (kurang dari 15 gram per sajian). 

2. Sayuran Mentah 
Meskipun sayuran mentah kaya akan vitamin, mineral dan serat, tapi kandungan kalorinya tidak cukup untuk menjaga tubuh tetap bertenaga setelah latihan fisik.

"Pasca latihan, Anda memerlukan makanan yang lebih berat dibandingkan sayuran guna membantu pemulihan otot, menjaga metabolisme tetap baik dan level energi tetap tinggi," ujar Direktur Nutrition CalorieCount.com Rachel Berman.

Boleh saja mengonsumsi wortel potong, paprika atau seledri mentah. Tapi makanlah bersama yoghurt, selai kacang atau hummus sebagai tambahan protein dan kalori.

3. Keju
Roti gandum dengan olesan keju cair mungkin ideal untuk makanan pasca olahraga. Tapi jika dikonsumsi sendiri, keju cheddar atau mozarella tidak baik bagi tubuh.

Keju mengandung lemak jenuh dan garam yang tinggi. Jika Anda ingin camilan asin, lebih baik pilih corn flakes atau pop corn dengan sedikit taburan garam," jelas Rachel.

4. Minuman Rasa Buah & Soda 
Soda adalah minuman yang harus dihindari, terutama setelah fitnes karena kandungan gulanya yang tinggi. Gula dalam sekaleng soda setara dengan 10 bungkus gula ukuran sedang.

Begitu juga dengan minuman rasa buah yang mengandung gula sangat tinggi. 
Tubuh Anda memerlukan masa pemulihan yang stabil pasca olahraga. Mengonsumsi terlalu banyak gula, justru berakibat sebaliknya. Akibatnya, tubuh menjadi lemas dan mengantuk.

Kembalikan cairan tubuh yang hilang dengan cara alami, seperti minum air putih dengan perasan lemon atau air kelapa.

5. Camilan Asin 
Konsumsi garam yang berlebihan setelah latihan bisa mengganggu keseimbangan air dan garam di dalam tubuh. "Setelah keluarnya keringat, Anda perlu mengisi kembali elektrolit dalam tubuh termasuk sodium.

Tapi jika terlalu banyak bisa membuat tubuh menumpuk kelebihan air dan menyebabkan perut terasa kembung," jelas pakar nutrisi dan diet Carolyn Brown.

6. Roti Tawar 
Roti tawar merupakan jenis karbohidrat yang cepat diubah menjadi gula. Karena tubuh cenderung lebih rentan setelah beraktivitas berat, gula kurang ideal untuk diserap tubuh dengan segera.
Anda harus mengasup tubuh dengan nutrisi sebanyak mungkin.

Bila ingin maan roti, pilihlah yang berukuran kecil dari gandum utuh yang diisi selai kacang, daging asap atau potongan pisang. Hindari roti tawar putih.

7. Permen atau Cokelat 
Menurut Carolyn Brown, permen dan cokelat tidak memberi Anda nutrisi apapun yang berguna bagi tubuh selain gula yang banyak.

Bahkan cokelat susu sekalipun, karena udah melewati banyak proses pengolahan sehingga kandungan nutrisinya berkurang banyak.

Tubuh memang akan lebih berenergi seketika, tapi akan cepat juga terasa lemas. Belum lagi kandungan gula yang berpotensi menggemukkan. Jika ingin ngemil cokelat, pilih dark chocolate dengan kadar 50-70 persen.

8. Donat & Pastry 
Donat dan pastry tinggi lemak jenuh yang bisa menyumbat pembuluh arteri. Selain itu juga tidak membantu tubuh untuk pulih pasca olahraga.

Tidak ada yang bernutrisi dari donat dan pastry.
Makanan tersebut hanya terbuat dari tepung terigu, gula dan lemak," ujar ahli diet Dina Aronson.
roti gandum dengan selai kacang atau selada dan tomat serta mentimun yang dioles mustard merupakan pilihan yang lebih sehat.

9. Telur Goreng 
Umumnya, telur merupakan makanan yang baik dan sehat untuk dikonsumsi pasca olahraga karena diperkaya dengan protein dan choline yang bagus untuk kesehatan jantung.

Tapi hanya jika dimasak dengan cara direbus. Telur yang digoreng akan menjadi tidak sehat bagi tubuh karena lebih banyak lemak dan minyak.

Plus, makanan yang digoreng umumnya kehilangan sebagian besar kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh.


10. Kentang Goreng
Kentang goreng = lemak, karbo sederhana dan nol protein. Makanan ini jelas bukan pilihan terbaik untuk dikonsumsi, bahkan sebaiknya dihindari jika Anda selesai olahraga. Jika penyuka kentang, pilihlah yang lebih sehat seperti ketang rebus/panggang dengan saus tomat salsa atau mustard.
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Blogger Templates